Minggu, 30 Januari 2011

Mikhail Gorbachev

Mikhail Gorbachev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mikhail Sergeyevich Gorbachev
Михаил Сергеевич Горбачёв
Mikhail Gorbachev

Masa jabatan
15 Maret 199025 Desember 1991
Pendahulu Dia sendiri (as Chairman of Supreme Soviet)
Pengganti Tidak ada

Lahir 2 Maret 1931 (umur 79)
Stavropol, kemudian Rusia SFSR, kini Federasi Rusia
Kebangsaan Rusia
Partai politik Partai Komunis Uni Soviet (1950-1991)

Partai Sosial Demokrat Rusia (2001-2004)

Suami/Istri Raisa Gorbachyova

Mikhail Sergeyevich GorbachyovTentang suara ini dengarkan (bahasa Rusia: Михаи́л Серге́евич Горбачёв}}, Mihail Sergeevič Gorbačëv, IPA: [mʲɪxʌˈil sʲɪrˈgʲejɪvʲɪʨ gərbʌˈʨof], dilafalkan sebagai: mi-kha-ILL ser-GE-ye-vich gor-bah-CHOFF) dengan panggilan Gorbachev; lahir di Stavropol, 2 Maret 1931; umur 79 tahun) adalah politikus Rusia. Ia adalah mantan pimpinan Uni Soviet, periode 1985 hingga bubarnya pada tahun 1991. Pada 11 Maret 1985, ia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet ketika menggantikan Konstantin Chernenko*. Ia melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik. Akibatnya, Uni Soviet bubar. Ia meraih Piala Nobel Perdamaian pada tahun 1990. Ia mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet pada 25 Desember 1991 menyusul kudeta oleh kelompok garis keras di Moskow pada Agustus 1991. Ketika itu terjadi pertentangan atas rencana mengubah bentuk negara. Usahanya bereformasi yang disebut Perestroika untuk mengakhiri Perang Dingin secara tak sengaja juga mengakhiri Uni Soviet dan posisinya yang dominan di dunia.

[sunting] Pranala luar



Biografi Mikhail Gorbachev

Mikhail Gorbachev lahir pada tanggal 2 Maret 1931 di Krai Stavropol. Dia berasal dari keluarga Ukraina-Rusia. Dia tinggal bersama keluarganya di sebuah desa kecil tempat ayahnya bekerja sebagai montir pertanian. Pada awal 14 tahun, ia mulai bekerja sebagai asisten dalam menggabungkan pekerja panen. Dia adalah seorang anak pekerja keras saat itu dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan untuk menghargai usahanya.



Pada tahun 1950, ia belajar di Moskow State University dan lulus dengan gelar di bidang hukum. Sejak sekolah, ia aktif bergabung Bagian Komunis Uni Soviet sebagai komunisme adalah salah satu favoritnya. Dia bertemu istrinya, Raisa Maximovna Titorenko di Universitas Moskow dan keduanya menikah pada tahun 1953. Ia lulus pada tahun 1955 dan kemudian keduanya bergeser ke Stavropol. Dua tahun setelah beralih ke Stavropol, mereka mendapat seorang anak perempuan kecil yang lucu bernama Irina Mihailovna Virganskaya.

Pada tahun 1962, ia terpilih untuk memegang posisi di Stavropol Partai Komunis. Dia kemudian bertanggung jawab untuk mengurus orang dalam pertanian dan industri. Pada saat yang sama, ia mengelola bagian administrasi juga. Memiliki gelar sarjana hukum hanya cukup untuk dia. Mikhail Gorbachev mengambil inisiatif untuk mendapatkan gelar kedua di bidang pertanian dengan belajar di Institut Pertanian Stavropol.

Karena partisipasi aktif dan antusias dalam partai komunis, ia kemudian terpilih sebagai Pihak Pertama Sekretaris Kraikom Stavropol pada tahun 1970. Pada tahun 1974, ia diangkat sebagai Sekretaris Pertama Soviet Agung dan kemudian pada tahun 1979, ia adalah anggota dari Politbiro. Dia adalah Sekretaris Jenderal Partai Komunis sejak 1985. Ketika ia adalah Sekretaris Jenderal, ia bertemu banyak pemimpin dari berbagai negara dan berhasil membangun hubungan yang baik dengan mereka. Dia dihormati oleh sebagian besar pemimpin yang unik terutama cara berpikir dan sikap rendah hati dan ramah.

Setelah empat tahun menjadi Sekretaris Jenderal, ia diangkat sebagai Presiden Eksekutif Uni Soviet oleh parlemen. Usahanya dan penentuan melanjutkan sebagai seorang komunis. Dia mengundurkan diri begitu komunisme bertemu kegagalan mereka pada tahun 1991. Setelah pengunduran diri, dia membangun partainya sendiri disebut Partai Sosial Demokrat Rusia untuk mengumpulkan semua pihak demokratis Rusia ke keluarga.

Semua ini adalah kronologi hidupnya. Dia adalah orang besar dan dihormati dalam hidupnya. Semangat dan gairah dalam Partai Komunis akan diingat selamanya.

Referensi :

- http://id.shvoong.com/law-and-politics/2009691-biografi-mikhail-gorbachev/
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar